PENGARUH PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Main Authors: Afrian, Rio, Jalmo, Tri, Yolida, Berti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Bioterdidik , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/4735
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/4735/2984
Daftar Isi:
  • This research was aimed to know the effect of multimedia interactive towards learning achievement and studentâ€TMs learning activities. This research design was pretest-posttest equivalent group. Samples were VIIIB and VIIIC that was chosen by purposive sampling. The result showed that the multimedia interactive can improve studentâ€TMs learning achievement proof with gain average was 0.270. Gain average of C2 indicator was 0.032 and C4 indicator was 0.006. Learning activities of studentâ€TMs in the experimental class for all aspects such as express opinions, ask questions, collaborate, exchanging information, and presentation earned an average 65.52% with medium criteria. Most of student (94.3%) gave positive response towards multimedia interactive. Thus, learning use multimedia interactive is significan influence to improve studentâ€TMs learning achievement and student learning activities in the characteristics of digestion. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa. Desain penelitian adalah pretes-postes kelompok ekuivalen. Sampel penelitian ini kelas VIIIB dan VIIIC yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan multimedia interaktif meningkatkan hasil belajar dengan rata-rata gain sebesar 0,270. Rata-rata gain pada indikator C2 0,032 dan indikator C4 sebesar 0,006. Aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen untuk semua aspek seperti mengemukakan pendapat, mengajukan pertanyaan, bekerjasama, bertukar infromasi, dan presentasi memperoleh rata-rata 65,52% dengan kriteria sedang. Sebagian besar siswa (94,3%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan multimedia interaktif. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan multimedia interaktif berpengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pokok sistem pencernaan.Kata kunci : hasil belajar, multimedia interaktif, sistem pencernaan