PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEAFLET TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Main Authors: Ameliawati, Desi; Universitas Lampung, Jalmo, Tri; Universitas Lampung, Yolida, Berti; Universitas Lampung
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Bioterdidik , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/4060
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/4060/2524
Daftar Isi:
  • This research was aimed to know the influence of using leaflet towards students learning activity and learning result. The research design was pretest-posttest non equivalent group. The research samples were VIII1 and VIII5 was chosen by purposive sampling. The qualitative data were student learning activity observation sheet and student responses questionnaire, that was analyzed descriptively. The quantitative data was the test average value was analyzed by t-test and U-test. The result showed that the student learning activity (express the idea/opinion, enquiring ability, teamwork/discussing with friends, and present the discussion result) was improved with average 78.23. The students learning result was increased with average value of pretest (36.94); posttest (72.22); and  N-gain (56.50). Most of students gave possitive respond to the use of leaflet learning material. Thus, the use of leaflet learning material increased the students activity and learning result in the human digestive system subject matter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar leaflet terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Desain penelitian adalah pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII1 dan VIII5 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif berupa rata-rata nilai tes yang dianalisis dengan uji-t dan uji-U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa (mengemukakan ide, kemampuan bertanya, bekerjasama/berdiskusi dengan teman, dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok) meningkat dengan rata-rata 78,23. Hasil belajar mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretes (36,94), postes (72,22), dan N-gain (56,50). Sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhdaap penggunaan bahan ajar leaflet. Dengan demikian, pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar leaflet berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan hasi belajar siswa pada materi pokok sistem pencernaan manusia. Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, leaflet, sistem pencernaan manusia