PENGARUH PENGGUNAAN MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Main Authors: Harianja, Talenta Nauli, Achmad, Arwin, Pramudiyanti, Pramudiyanti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Bioterdidik , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/3223
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/3223/2020
Daftar Isi:
  • The objective of this research was to find out the effect of using cooperative learning type GI to the student learning result and activities at Polution and Environmental Damage main material. The quantitative data was taken from average scores of pre-test, post-test, and N-gain which were statistically analyzed by using T-test dan U-test. The qualitative data were the student learning activities taken from observation and student response sheets. The result of this research showed that the using of cooperative learning model type GI has effect to student learning result. The average student learning result improvement at all indicators which were observed in the average N-gain scores in experimental class is higher than in the control class. The whole average activities of students with cooperative learning model type GI in the experimental class is higher than with discussion method in the control class. Furthermore, 84.6% of the students responded the cooperative learning model type GI positively.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan kooperatif tipe GI terhadap peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pokok Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-U. Data kualitatif adalah data aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi dan tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe GI berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Rata-rata peningkatan hasil belajar pada semua indikator yang diamati pada rata-rata nilai N-Gain pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata keseluruhan aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode diskusi pada kelas kontrol. Selanjutnya, 84,6% siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe GI.Kata kunci: aktivitas belajar, group investigation, hasil belajar,  pencemaran dan kerusakan lingkungan