EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA MELALUI METODE DISKUSI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP
Main Authors: | Miarti, Erlis, Achmad, Arwin, Marpaung, Rini Rita T |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Bioterdidik
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/2757 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/2757/1731 |
Daftar Isi:
- This study aims to determine the effectiveness of the use of multimedia through the discussion methode on the learning activities and discussions on mastery of concepts by students. The study design was a pretest - posttest non equivalent. Samples were VII2  and VII3 elected cluster random sampling. This research data the form of quantitative and qualitative data. Quantitative data obtained from the average value of pretest, posttest and N-gain were analyzed using U. Qualitative data was the student activity description. The results showed that the effectiveness of the use of multimedia through the discussion method can improve student learning activities with an average N-gain of 86.81%. Mastery of concepts also increased by an average of 33.59% N-gain. Thus, learning using multimedia via the method of discussion influential in increasing the activity of learning and mastery of concept student  in the ecosystem subject matter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan multimedia melalui metode diskusi terhadap aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa. Desain penelitian ini adalah pretes - postes tak ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah kelas VII2 dan VII3 yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif  diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji U. Data kualitatif adalah deskripsi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penggunaan multimedia melalui metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata N-gain 86,81%, dan penguasaan konsep mengalami peningkatan dengan rata-rata N-gain 33,59%. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan multimedia melalui metode diskusi berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa pada materi pokok ekosistem.Kata kunci : aktivitas belajar, ekosistem, metode diskusi, multimedia,  penguasaan konsep