PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI
Main Authors: | Ambarsari, Dias, Pramudiyanti, Pramudiyanti, Yolida, Berti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Bioterdidik
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/2717 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/2717/1703 |
Daftar Isi:
- This study aimed to determine the effect of using cooperatif learning model Snowball Throwing on the activity and the students mastery of the material. This study design was pretest-postest non equivalent group. Samples were X1 and X2 selected by cluster random sampling. This data were quantitative and qualitative. Qualitative data in the form of descriptions of activities and students questionare responses. Quantitative data obtained from the average value of test were analyzed using t-test or U test. The results showed that activities discussion, argument, ask the questions, answer the questions, and make inferences were improved. Material mastery of students was also improve with average N-gain 39,35. Thus, it could be concluded that the use Snowball Throwing model give influence in increasing the activity and material mastery of students. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap aktivitas dan penguasaan materi siswa. Desain penelitian adalah pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar siswa. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t atau uji U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas berdiskusi, berpendapat, bertanya, menjawab pertanyaan, dan membuat kesimpulan mengalami peningkatan. Penguasaan materi siswa juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai N-gain 39,35. Dengan demikian,  pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi. Kata kunci: aktivitas siswa, penguasaan materi, snowball throwing