PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TSTS DAN GW TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA
Main Authors: | Suryani, Eli, Sikumbang, Darlen, Marpaung, Rini Rita T |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Bioterdidik
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/2710 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/2710/1701 |
Daftar Isi:
- The purpose of this study was to determine the students' mastery of concepts and activities in learning through two stay two stray (TSTS) model and Gallery Walk (GW) in the subject matter respiratory system. Samples were students of class XI IPA1 and XI IPA5 randomly selected by cluster random sampling technique. The quantitative data obtained from the average value of pretest and posttest were statistically analyzed using u-test. The result of this research proves the activities in express their arguement, asking, team work, share the information and persentation get improves by N-gain score in GW class 55.56 where as in TSTS class 39,47. Because of that using a model of learning GW gave significant influance in increasing mastery of concepts and student learning activity.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penguasaan Konsep dan aktivitas siswa dalam pembelajaran melalui model Two Stay Two Stray (TSTS) dan Gallery Walk (GW)Â pada materi pokok sistem pernapasan. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA5 yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-u. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengemukakan pendapat, bertanya, bekerjasama, bertukar informasi dan persentasi mengalami peningkatan dengan skor N-gain pada kelas GW 55,56 sedangkan pada kelas TSTS 39,47. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran GW berpengaruh signifikan dalam meningkatkan penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswaKata kunci: aktivitas siswa, gallery walk, penguasaan konsep, sistem pernapasan, two stay two stray