PENGARUH METODE DISKUSI MELALUI MEDIA GAMBAR TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI
Main Authors: | Hutriazka, Hutriazka, Achmad, Arwin, Marpaung, Rini Rita. T |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Bioterdidik
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/2510 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/2510/1588 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/downloadSuppFile/2510/202 |
Daftar Isi:
- The objective of this research was to know the influence of discussion method using pictures toward studentsâ€TM learning activities and subject mastery. The research design was a non equivalent pretest-posttest. Samples were students in the class X.B and X.C that were selected by random cluster sampling. This research data were in the form of quantitative and qualitative data. Quantitative data obtained from the average value of pretest, posttest, and N-gain, which were statistically analyzed using t-test by SPSS 17. The qualitative data obtained from studentsâ€TM learning activities observation sheets. The results shows that the studentsâ€TM learning activities increased 16.41%. The material mastery also increase with the N-gain average was 46.66. It means that using discussion method impact the studentsâ€TM activities and material mastery. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode diskusi melalui media gambar terhadap aktivitas dan penguasaan materi. Desain penelitian ini adalah pretes postes non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X.B dan X.C yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain, yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t melalui program SPSS 17. Data kualitatif diperoleh dari lembar obsevasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menggunakan menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 16,41%. Penguasaan materi mengalami peningkatan dengan rata-rata N-gain 46,66. Hal ini berarti, bahwa penggunaan metode diskusi melalui media gambar berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan penguasaan materi. Kata kunci : aktivitas belajar, keanekaragaman hayati, media gambar, metode diskusi, penguasaan materi