PENGGUNAAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN METODE DISCOVERY TERHADAP KPS SISWA

Main Authors: Sari, Yulita; UNIVERSITAS LAMPUNG, Achmad, Arwin, Marpaung, Rini Rita T.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Bioterdidik , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/2445
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/2445/1533
Daftar Isi:
  • The purpose of this study was to determine the influence of the environment around the school with the use of discovery methods in improving science process skills and student learning activities in the subject matter ecosystem. This research data were quantitative and qualitative form. Quantitative data obtained from the average value of the pretest, post test, and N-gain in ecosystem material was analyzed by t-test. Qualitative data obtained from the percentage average of students' learning activities which analyzed descriptively. The results showed that the use of the school environment through discovery methods can improve students' science process skills with the average value of N-gain of 69.38. It was also increase also in all aspects of KPS students. Studentâ€TMs learning activities also increased by an average of 79.5%. It could be concluded that learning to use the environment around the school with the discovery learning method effect in improving science process skills and activities of students.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan lingkungan sekitar sekolah dengan metode discovery dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok ekosistem. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai rata-rata pretest, postest, dan N-gain pada materi ekosistem kemudian dianalisis dengan uji–t. Data kualitatif berupa rata-rata persentase aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lingkungan sekitar sekolah melalui metode discovery mampu meningkatkan keterampilan proses sains siswa dengan rata-rata nilai N-gain sebesar 69,38. Peningkatan juga terjadi pada semua aspek KPS siswa. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan 79,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan lingkungan sekitar sekolah dengan metode pembelajaran discovery berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan aktivitas belajar siswa. Kata kunci: aktivitas belajar, keterampilan proses sains,lingkungan sebagai sumber belajar, metode discovery