PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEAFLET TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA

Main Authors: Futriyah, Cinde, Achmad, Arwin, T Marpaung, Rini Rita
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Bioterdidik , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/2403
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/2403/1498
Daftar Isi:
  • The purpose of this study was the influence of using teaching aid leaflet to improve activities and material mastery of students. This study design was pretest-postest non equivalent group. Samples were VIIA and VIIC that chosen by cluster random sampling. This research data the form of qualitative and quantitative data. Qualitative data obtained  form the observatin sheet of learning activities and questionnaire leaflet teaching aid interesting were analyzed decriptive. Quantitative data obtained from the average value of test were analyzed using U test. The results showed that learning activities increase was improve with an average of 84.52% which is in high criteria. Material mastery of students is also improve with average score of pretest (63,23); posttest (84,84), and N-gain (59,28). In addition, most students were gave high interested with used of teaching aid leaflet. Thus, it could  be concluded that learning use teaching aid leaflet was influenced significan to improve activities and material mastery of students.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar leaflet terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa. Desain penelitian ini adalah pretes-postes non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIC  yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar dan lembar kemenarikan bahan ajar leaflet yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis menggunakan uji-U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata 84,52% dengan kriteria tinggi. Penguasaan materi pada siswa juga meningkat dengan rata-rata nilai pretest (63,23), postest (84,84), dan N-gain (59,28). Sebagian besar siswa memberikan ketertarikan yang tinggi terhadap penggunaan bahan ajar leaflet. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan bahan ajar leaflet berpengaruh terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa.  Kata kunci: aktivitas belajar, bahan ajar leaflet, ekosistem, penguasaan materiÂ