PENGARUH METODE GUIDED DISCOVERY TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA

Main Authors: Yuliana, Vera, Achmad, Arwin, Marpaung, Rini Rita T.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Bioterdidik , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/2086
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/2086/1244
Daftar Isi:
  • The purpose of this study was determine the effect of the guided discovery learning method in improving the activities and material mastery of students. The study design was a pretest-postest non equivalent group. The samples were VIIC and VIID classes selected by purposive sampling. This research data were qualitative and quantitative data. Qualitative data was the observation sheet of learning activities were analyzed descriptive. Quantitative data was the average test scores were analyzed using t-test and U test. The results showed that the learning activity students has increased, the present their views (84,72), ask questions (75,00), and respond questions (77,78) . Mastery of students also was increasing, with the average value of  N-gain of 43,96. So, the guided discovery method was given influence of significan in increasing the activity and material mastery of students in the characteristics of living creatures subject matter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran guided discovery dalam meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi oleh siswa. Desain penelitian adalah pretes-postes kelompok non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIC dan VIIID  yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan , yaitu mengajukan pendapat (84,72), mengajukan pertanyaan (75,00), dan menjawab pertanyaan (77,78). Penguasaan materi siswa juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai N-gain sebesar  43,96. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan  metode guided discovery berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup. Kata kunci : aktivitas belajar, ciri-ciri makhluk hidup, metode guided discovery, penguasaan materi.