PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Main Authors: | Rahmadani, Electrina, Pramudiyanti, Pramudiyanti, Marpaung, Rini Rita T. |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Bioterdidik
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/2079 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/2079/1247 |
Daftar Isi:
- The purpose of this study known the influence of using learning method two stay-two stray toward studentsâ€TM study result. Design of this study was pretest-postest equivalent group. The samples were VIIA and VIIB that chosen by random sampling. This research used quantitative and qualitative data. The quantitative data were pretest and postest that analyzed by U-test. The Qualitative data was students activity that descriptive analysis. The result of research showed that studentsâ€TM highly activity result with N-gain average was 94. Then the result of students activity such as working in group, discussing, and presentation of the result of discussion were also high with the average 85,8 %. Thus, it could be concluded that the learning through TSTS method was influenced to the result and student learning activity. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran TSTS terhadap hasil belajar siswa. Desain penelitian ini adalah pretes-postes kelas ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIB  yang dipilih secara random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis menggunakan uji-U. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa tinggi dengan rata-rata nilai N-gain sebesar 94. Selanjutnya aktivitas bekerjasama dengan teman dalam mencari informasi, melakukan kegiatan diskusi, dan mempresentasikan hasil diskusi pada siswa juga tinggi dengan rata-rata 85,8%. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model TSTS berpengaruh terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa. Kata kunci : aktivitas belajar, ekosistem, hasil belajar, model pembelajaran TSTS