Hubungan Pelaksanaan Praktikum dan Keterampilan Generik Sains dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII
Main Author: | Lathiifa, Nabiila Nur |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Lampung
, 2019
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/18963 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/18963/pdf |
Daftar Isi:
- This study aims to determine the relationship between the implementation of practicum and generic science skills with the learning outcomes of class VII students in SMP Negeri 14 Bandar Lampung in science learning material on environmental pollution. The design used was descriptive correlational. Sample in this study were students of class VII C who were selected by purposive sampling technique. The data in this study were quantitative and qualitative data. The results showed that there was a significant relationship between practicum implementation and student learning outcomes with a score of 0.745, then there was a positive and significant relationship between generic science skills of students with a score of 0.791 and there was a positive and significant relationship between practicum implementation and generic science skills with student learning outcomes with a score of 0.874. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pelaksanaan praktikum dan keterampilan generik sains dengan hasil belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri 14 Bandar Lampung pada pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan. Desain yang digunakan deskriptif korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan praktikum dan hasil belajar peserta didik dengan skor 0,745, kemudian terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan generik sains peserta didik dengan skor 0,791 serta terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pelaksanaan praktikum dan keterampilan generik sains dengan hasil belajar peserta didik dengan skor 0,874. Kata kunci: hasil belajar, keterampilan generik sains, pelaksanaan praktikum