PENGARUH METODE PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI KERAGAMAN SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN
Main Authors: | Ependi, Ependi, Sikumbang, Darlen, Pramudiyanti, Pramudiyanti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Bioterdidik
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/1857 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/1857/1215 |
Daftar Isi:
- This study was aim to improve of the science process skillâ€TMs student through practical method. This experiment used pretest-posttest non-equivalent group design. The samples were VIIA and VIIB that chosen by purposive sampling technique. The data consist of qualitative and quantitative. The quantitative data was the average value of pretest, posttest and N-gain were analyzed using t-test and Mann-Whitney U test. The qualitative data was descriptions of learning activities. The results showed that by the practical method, science process skill students was increasing, with average N-Gain 50.93. The activities of students such as attention to the teacher, team work, answer the question, discussion also was increasing. Thus, the practical method improved the science process skillâ€TMs students. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode praktikum terhadap keterampilan proses sain siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIB yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai N- Gain  pretes dan postes yang analisis secara statistik menggunakan uji t dan uji Mann-Withney. Data kualitatif berupa deskripsi data aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode praktikum, keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan secara signifikan, dengan rata-rata N-Gain 50.93. Aktivitas belajar siswa seperti memperhatikan guru, bekerjasama, menjawab pertanyaan dan berdisusi juga meningkat. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan metode praktikum berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa.Kata kunci : aktivitas siswa, keragaman sistem organisasi kehidupan makhluk hidup, keterampilan proses sains siswa (KPS), metode praktikum.