Penggunaan Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Tingkat Tinggi
Main Authors: | Aspridanel, Almira, Jalmo, Tri, Yolida, Berti |
---|---|
Other Authors: | Lampung University |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Lampung
, 2019
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/17254 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/17254/pdf |
Daftar Isi:
- This research aim to determine the use of PBL models in increasing collaboration skills and high order thingking of student. The design used was nonequivalent pretest-posttest control group design. The population of research were all students of Senior High School an X grade Bandar Lampung. The research samples were students of X MIA 5 as eksperimental group and X MIA 6 as control group that were selected through purposive sampling technique. Data of collaboration skills were obtained from the observation assessment analyzed by the descriptive qualitatively while high order thinking skills obtained from the pretest-postest analyzed by the Independent Sample t-Test. Student collaboration and high order thinking skills in the experimental class was higher than the control class and significantly different. Therefore, it can be concluded that PBL models has high effect size in increasing collaboration skills and high order thinking of students.Penelitian ini bertujuan untuk menentukan penggunaan model PBL dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Penelitian ini menggunakan nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 10 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 5 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIA 6 sebagai kelompok kontrol yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data keterampilan kolaborasi diperoleh dari lembar penilaian observasi yang dianalisis secara deskriptif kualitatif sedangkan data keterampilan berpikir tingkat tinggi diperoleh dari pretest-postest dianalisis menggunakan uji Independent Sample t-Test. Keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dan berbeda siginifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang dibuktikan dengan tingginya hasil uji effect size.Kata kunci: berpikir tingkat tinggi, kolaborasi, Problem Based Learning