PENGARUH PENGGUNAAN KARTU BERGAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI SISWA

Main Authors: Trisnawati, Trisnawati, Pramudiyanti, Pramudiyanti, Yolida, Berti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Bioterdidik , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/1645
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/1645/1292
Daftar Isi:
  • This study was aim to determine the effect of the picture cards through STAD learning model in improving students' mastery of the material and activities. The study design was a pretest-posttest equivalent group. The samples were VIIC and VIIB classes selected by purposive sampling. This research data were qualitative and quantitative data. Qualitative data were the activities and students' questionnaire responses. Quantitative data was the average test scores were analyzed using t-test and U test. The results showed that the activity of working together, present their views, ask questions, listen to the discussion, and present the results of the discussion has increased. Mastery of students also increased, with the average value of N-gain of 60,43. So, the picture cards through STAD model was given  influence in increasing the activity and material mastery of students. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kartu bergambar melalui model pembelajaran STAD dalam meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi siswa. Desain penelitian ini adalah pretes-postes kelompok ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIC dan VIIB  yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas bekerjasama, mengajukan pendapat, mengajukan pertanyaan, mendengarkan diskusi dan mempresentasikan hasil diskusi mengalami peningkatan. Penguasaan materi siswa juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai N-gain sebesar 60,43. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan kartu bergambar melalui model pembelajaran STAD berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi siswa. Kata kunci: aktivitas, kartu bergambar, model pembelajaran STAD, penguasaan materi.