Identifikasi Kearifan Lokal di Sungai Musi Provinsi Sumatera Selatan sebagai Sumber Belajar IPA SMP/MTs

Main Authors: Anjelia, Bella, Yolida, Berti, Marpaung, Rini Rita T.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah , 2018
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/16363
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/16363/pdf
Daftar Isi:
  • This research was a descripttive research that aimed to identify the local wisdom that can be used as learning resource of science in junior high school. The subjects of this research were 10 teachers by using purpossive sampling and 421 students by using clustered sampling. The data collection technique was used triangulation, analyzed by descriptively. The results showed that local wisdom can be used as learning source that were non-standart measurement, classification of typical fishes and plants, river management (Grade VII), typical dance movements analyzed in motion system, natural additive, analysis the concept of waves on the musical instrument of Gambus and Sahilin guitar (Grade VIII), the utilization of typical fish and durian in conventional biotechnology and the way in treating swamplands (Grade IX). In conclusion, there were 18 local wisdom can be used as a learning resource science in junior high school. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengidentifikasi kearifan lokal yang dapat digunakan sebagai sumber belajar IPA. Subyek penelitian yaitu 10 guru dengan menggunakan purpossive sampling dan 421 siswa dengan clustered sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan triangulasi yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian diperoleh kearifan lokal yang dapat dijadikan sumber belajar yaitu, pengukuran tidak baku, klasifikasi ikan dan tumbuhan khas, pengelolaan sungai Musi (Kelas VII), ragam gerak tarian yang dianalisis dalam sistem gerak, penggunaan zat aditif alami, analisis konsep gelombang pada alat musik gambus dan gitar sahilin (Kelas VIII), pemanfaatan ikan khas dan buah durian dalam bioteknologi konvensional dan cara dalam mengolah tanah rawa (Kelas IX). Kesimpulannya, terdapat sebanyak 18 kearifan lokal yang sesuai untuk dijadikan sumber belajar IPA SMP. Kata kunci: IPA, kearifan lokal, sumber belajar