Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Biologi Menulis Makalah: Sebuah Refleksi Diri
Main Author: | Pramudiyanti, Pramudiyanti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
, 2018
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/15538 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/15538/pdf |
Daftar Isi:
- The aim of the article was to give information of the ability of college students to write scientific paper. The type of research used was qualitative with narrative design. The research was conducted in January to April 2018 at Lampung University. Method used was an analysis of paper documents written by college students that were enrolled in Cell Biology Course in Academic Year of 2009/2010. The structure of paper writing was analyzed and compared to the writing guidance issued by Lampung University. Result of observation indicated that (a) there were 23 paper titles on Cell Biology (b) 51.09% of the papers used writing structure in accordance to the writing guidance and the remaining 48.91% were not, and (c) 100% of the content of the paper was copy paste or a repetition of text materials that are compiled and made as a paper. Tujuan penulisan artikel ini adalah memberikan informasi mengenai kemampuan mahasiswa dalam menulis makalah ilmiah. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu kualitatif dengan rancangan Naratif. Penelitian dilaksanakan pada Januari sampai dengan April 2018, bertempat di Universitas Lampung. Metode yang digunakan berupa analisis dokumen makalah yang ditulis oleh Mahasiswa peserta mata kuliah Biologi Sel Tahun Akademik 2009/2010. Struktur tulisan makalah dianalisis dan disandingkan dengan tatatulis yang dikeluarkan oleh Universitas Lampung. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa (a) terdapat 23 judul makalah mengenai Biologi Sel; (b) sebanyak 51,09% makalah menggunakan struktur tulisan yang sesuai dengan pedoman penulisan dan 48,91% tidak sesuai; (c) sebanyak 100% bagian isi makalah berupa salin rekat (copy paste) atau pengulangan bahan bacaan yang disusun dan dijadikan makalah. Kata kunci: menulis makalah, pembelajaran Biologi Sel, refleksi diri