Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Flash pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas XI

Main Authors: Wahyudi, Dwi, Achmad, Arwin, Marpaung, Rini Rita T.
Other Authors: Universitas Lampung
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Bioterdidik , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/14277
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/14277/pdf
Daftar Isi:
  • This study aimed to produce Flash-based learning media on the human digestion system of XIth grade. The research design was Research and Development (R&D).The subject were students of XI IPA 1 as experiment class and X IIPA 2 as control class at SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. This research done by three steps, pre-study, development, and evaluation. Questionnaire was used to collect qualitative data by subject matter expert test, media expert test, language expert test, and attractiveness test which analyzed descriptively. Test was used to collect quantitative data by effectiveness test which analyzed using Mann-Whitney U test. The results showed that Flash-based biology learning media was appropriate with the requirements. Effectiveness test showed that average of learning outcomes of experiment class was higher than control class (experiment= 79,26; control=70,59) and got probability 0,008. Attractiveness test was 3,28with value assessment was“interesting”. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran berbasis Flash pada materi sistem pencernaan manusia pada kelas XI. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development, subjek uji coba adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol pada SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu studi pendahuluan, pengembangan, dan evaluasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif melalui uji ahli materi, uji ahli media, uji ahli bahasa, uji praktisi, dan uji kemenarikan yang dianalisis secara deskriptif. Tes digunakan untuk mengumpukan data kuantitatif melalui uji efektivitas yang dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran biologi berbasis Flash sesuai dengan kebutuhan. Hasil uji efektivitas menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 79,26; kontrol = 70,59) dengan probabilitas sebesar 0,008. Uji kemenarikan memperoleh nilai kelayakan 3,28 dengan penilaian “menarik”. Kata kunci: biologi, flash, media pembelajaran, sistem pencernaan manusia