Hubungan Cara Belajar dengan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IX di Metro
Main Authors: | Putri, Dina Afriani, Jalmo, Tri, Yolida, Berti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Bioterdidik
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/13056 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/13056/pdf_12 |
Daftar Isi:
- The study aims to identify student’s learning styles, correlation between student learning styles, and the related factors. The research samples using cluster random sampling technique of IX grade students with total samples were 318 students. Qualitative data were factors information and quantitative data which were learning styles and the achievement scores that were obtained from questionnares, interview, and tests. The data were analyzed by using Kolmogorov-Smirnov, linearity test, and product moment correlation test. The result showed that there were three ways of learning styles that the most widely used by students: reading (54,40%), listening (29,56%), and Speaking and writing (12,26%). The correlation result indicates a high significant correlation between learning styles and learning achievements. The dominant learning factors that influence student learning styles were learning resources.Penelitian bertujuan mengetahui cara belajar dan hubungan dengan prestasi belajar IPA, serta faktor yang berhubungan dengan cara belajar siswa. Desain penelitian berupa deskriptif-korelasional. Sampel penelitian menggunakan cluster random sampling pada siswa kelas IX di Metro Pusat dengan total sampel 318 siswa. Data kualitatif berupa deskripsi hubungan antara cara belajar dengan prestais belajar IPA, dan deskripsi hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi belajar dengan cara belajar siswa. Data kuantitatif berupa nilai angket dan nilai tes prestasi belajar. Data dianalisis dengan uji Kolmogorov-Smirnov, uji linieritas, dan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan tiga cara belajar yang paling banyak digunakan yaitu membaca (54,40%), mendengar (29,56%), serta mengucap dan menulis (12,26%). Hasil korelasi menunjukkan adanya hubungan signifikan yang tinggi antara cara belajar dengan prestasi belajar. Faktor belajar yang dominan berhubungan dengan cara belajar siswa adalah sumber belajar.Kata k#unci: cara belajar, faktor belajar, prestasi belajar