IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS DAN RESPIRASI

Main Authors: Sulamtina, Putri; Universitas Lampung, Jalmo, Tri; Universitas Lampung, Yolida, Berti; Universitas Lampung
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Bioterdidik , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/11914
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/11914/8509
Daftar Isi:
  • The aim of this research was to know misconceptions of VIIIth grade students on photosintetic and respiration subject and the factors that affected students’ misconception at Jatiagung. The samples were 282 students that selected using purposive sampling technique. The design used simple descriptive research.. The quantitative data were obtained from the students' answer and interpreted into criteria. The qualitative data were factors that affected the students’s misconceptions that were obtained from questionnaire and analyzed using Pearson Product Moment Test Correlational. The result showed that the level of misconceptions was "medium" (38.63 ± 2.39). The factors have correlation with students’s missconceptio (0, 128-0,177). The factors were directed learning, discousse learning, students and teacher interaction, homework discussion, understanding language, and learning interest.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Jatiagung pada materi fotosintesis dan respirasi, dan faktor - faktor yang berpengaruh terhadap miskonsepsi siswa. Sampel penelitian terdiri dari 282 siswa kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016 yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian berupa desain deskriptif sederhana. Data kuantitatif berupa skor miskonsepsi yang diperoleh dari jawaban siswa kemudian dianalisis dengan melakukan perhitungan rerata skor serta diinterpretasikan ke dalam kriteria. Data kualitatif berupa faktor - faktor yang berpengaruh terhadap miskonsepsi dan diuji nilai korelasinya menggunakan Uji Korelasional Pearson Product Moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat miskonsepsi berkategori “sedang” (38,63±2,39). Faktor yang berpengaruh terhadap miskonsepsi yaitu keterarahan dalam pembelajaran, penggunaan metode ceramah, interaksi guru dengan siswa, pembahasan tugas rumah, pemahaman penggunaan bahasa, serta minat terhadap pembelajaran, yang memiliki nilai korelasi antara 0,128-0,177.Kata kunci: certainty resposibility indeks, fotosintesis, miskonsepsi, respirasi