HUBUNGAN GOLONGAN DARAH DENGAN GAYA BELAJAR, MOTIVASI BERPRESTASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI

Main Authors: Fauzisar, Ave Suakanila; University of Lampung, Achmad, Arwin, Yolida, Berti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Bioterdidik , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/11050
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/11050/7730
Daftar Isi:
  • This research aimed to figure out the correlation of blood group with learning style, motivation performance and learning achievement. The design of this research was descriptive correlation by using total sampling technique. The research data of student’s learning achievement score were obtained from writing test. Student’s learning style, motivation performance and teacher’s teaching style data were obtained from observation paper and questionnaires. The research’s data showed that there was no significant correlation between blood group and learning style, motivation performance and learning achievement. However, the analysis result of motivation performance showed the significant differences between AB and B. Therefore, it can be concluded that there are no significant correlation of blood group with learning style, motivation performance and learning achievement.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara golongan darah dengan gaya belajar, motivasi berprestasi, dan prestasi belajar biologi. Desain penelitian ini adalah deskriftif korelasi dengan teknik total sampling, sebanyak 136 siswa-siswi. Data hasil belajar siswa diperoleh dengan tes tertulis dan data gaya belajar, motivasi berprestasi siswa, serta gaya mengajar guru diperoleh dari angket dan lembar observasi. Data Hasil penelitian dianalilis menggunakan teknik korelasi Spearman Rho dan Tukey ANOVA yang menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara golongan darah dengan gaya belajar, motivasi berprestasi dan prestasi belajar. Namun, hasil analisis motivasi berprestasi, siswa bergolongan darah AB dan B menunjukkan beda yang signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa golongan darah tidak memiliki hubungan yang sinergis dan signifikan dengan gaya belajar, motivasi berprestasi dan prestasi belajar belajar biologi. Kata Kunci: gaya belajar, golongan darah, motivasi berprestasi, prestasi belajar