Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran ‎Fiqh Siswa Kelas VIII MTs Ma`Arif 06 Seputih Raman Lampung Tengah‎‎ Tahun Pelajaran 2018/2019

Main Author: Muslichuddin, Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/844/1/M.%20MUSLICHUDDIN%201168311.pdf
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/844/
Daftar Isi:
  • Pencapaian hasil belajar berkaitan dengan kemampuan guru dalam ‎mengelola pembelajaran. Guru dituntut untuk memiliki ‎kompetensi pedagogik sebagai kompetensi dasar yang dibutuhkan sebagai ‎pendidik profesional. Komptensi pedagogik yang dimiliki guru dapat ‎digunakan untuk mengenal dan memahami karakteristik ‎belajar peserta didik. Proses pendidikan yang dijalankan berdasarakan landasan pedagogis ‎memudahkan guru menetapkan strategi, metode, dan pendekatan yang ‎digunakan dalam mewujudkan tujuan pembelajaran. ‎‎Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ‎“Apakah‎ ada‎ pengaruh‎kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar mata ‎pelajaran Fiqh kelas VIII MTs Ma`arif 06 Seputih Raman Lampung Tengah ‎tahun pelajaran 2018/2019?‎Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar mata ‎pelajaran Fiqh kelas VIII MTs Ma`arif 06 Seputih Raman Lampung Tengah ‎tahun pelajaran 2018/2019. Desain penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Ma`arif 06 Kecamatan Seputih Ramanyang berjumlah 70 orang‎.Seluruh populasi diambil sebagai sampel penelitian.Pengumpulan data ‎menggunakan angket, dokumentasi, observasi, analisis data menggunakan rumus ‎productmoment. ‎ Berdasarkan hasil penelitian diketahui‏‏‏kompetensi pedagogik guru berpengaruh terhadap hasil ‎belajar mata pelajaran ‎Fiqh kelas VIII MTs Ma`arif 06 Seputih Raman Lampung Tengah ‎tahun ‎pelajaran 2018/2019‎. Dari hasil uji hipotesis diketahui koefisien korelasi kompetensi pedagogik guru dan hasil belajar mata pelajaran Fiqh sebesar 0,824‎‎. Berdasarkan perbandingan rhitungdan rtabel dengan derajat kebebasan df= n –r = atau 70 –2 = 68, pada taraf kesalahan 5%diketahui bahwa rhitungsebesar 0,‎‎‎824‎‎lebih besar dari rtabel0,‎‎235‎(‎0,824‎> 0,235‎).Berdasarkan uji signifikansi menggunakan t test diperoleh hargathitungsebesar ‎11,99258. Setelah dibandingkan dengan harga ttabeldengan dk = n –2 =68, diperoleh harga ttabeluntuk taraf kesalahan 5% sebesar 1.66757‎‎. Berdasarkan perhitungan tersebut diketahui kompetensi pedagogik guru berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqh.