Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMK Daarul ‘Ulya Metro Tahun Pelajaran 2018/ 2019

Main Author: Melati, Malla
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/836/1/SKRIPSI%20MALLA%20MELATI%2014114731.pdf
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/836/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran kooperatif tipe STAD ini merupakan salah satu tipe darimodel pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecildengan jumlah anggota tiap kelompok 4-5 orang siswa secara hetrogen. Diawalidengan penyampaian tujuan pembelajaran, penyampaian materi, kegiatankelompok, kuis, dan penghargaan kelompok.Hasil Belajar adalah sesuatu yangdicapai atau diperoleh Peserta didik setelah mengikuti kegiatan proses belajarmengajar berdasarkan kriteria tertentu dalam pembelajaran itu sendiri. Dari hasil pra survey Pembelajaran pada mata pelajaran PAI denganmenggunakan model pembelajaran STAD sudah baik dan hasil belajar pesertadidik dalam proses pembelajaran mata pelajaran PAI juga sudah baik akan tetapiada beberapa siswa yang hasil belajarnya rendah. Adapun hipotesis penelitian iniadalah adapengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipestudentteam achievement division(STAD) terhadap hasil belajar mata pelajaran PAISMKDaarul‘Ulya Metro Tahun Pelajaran 2018/2019.Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui adakahpengaruh antara penggunaan model pembelajarankooperatif tipestudent team achievement division(STAD) terhadap hasil belajarmata pelajaran PAI SMKDaarul‘Ulya Metro Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, test,dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumuschikuadrat. Berdasarkan dari pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus ChiKuadrat menunjukkan bahwa Chi Kuadrat Hitung (2h) = 8,742 kemudian dikonsultasikan dengan hargaphi() = 0,661 yang telah diperoleh dandikonsultasikan dengan tabel nilai“r”product moment, pada taraf signifikan (5%dan 1%) dengandb18 yaitu : Pada taraf signifikan 5% (2t) = 0,468 dan padataraf signifikan 1% (2t) = 0,590. Hal ini menunjukkan bahwa (2h) lebih besardari pada (2t) yakni 0,468<0,661>0,590. Dengan demikian berarti bahwahipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Sehingga dapatdiketahui bahwa ada Pengaruhantara penggunaan model pembelajaran kooperatiftipestudent team achievement division(STAD) terhadap hasil belajar matapelajaran PAI SMKDaarul‘Ulya Metro Tahun Pelajaran 2018/2019.