Pengaruh Pemahaman Ilmu Tajwid Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Mata Pelajaran Tahsinul Qur’an Mts Yayasan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Mathla’ul Huda Ambarawa Pringsewu Tahun Pelajaran 2016/2017
Main Author: | Milatuchulwiyah, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/747/1/SKRIPSI%20MILATUCHULWIYAH%20NPM.1283811.pdf http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/747/ |
Daftar Isi:
- Pemahaman ilmu tajwidmerupakan salahsatu komponenbagi siswadalam membaca Al-Qur’an.Memahami hukum-hukum bacaan yang ada dalam ilmu tajwid seperti hukum bacaan nun mati dan tanwin, hukum mim mati, hukum madd dan sifat huruf adalah merupakan kriteria dalam membaca Al-Qur’an.Dalam observasi yang penulis lakukan di MTsYayasan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Mathlaul Huda, penulis menemukan beberapa masalah diantaranya pemahaman tentang tajwid beberapa siswa yang rendah dan kurangnya praktik membaca Al-Qur’an yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Berdasarkan hal tersebut, penulis mengadakan penelitian pada siswa kelas VIII MTsYayasan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Mathlaul Huda Ambarawa Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan tujuanuntuk mengetahui apakahilmu tajwid berpengaruhdalam membaca Al-Qur’an.Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh pemahaman ilmu tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an,denganhipotesis ada pengaruh pemahaman ilmu tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an.Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode Tesdan Dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 30siswa sebagai responden, jadi penelitian ini merupakan penelitian populasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Sifat penelitian ini adalah kausal komparatif. Kemudian untuk membuktikan kebenaran hipotesis, penulis menganalisa data dengan menggunakan rumus product momentdandiperoleh hasil0,842 dan setelah dikonsultasikan dengan r table ternyata hasilnya di atas batas penolakan.Dengan demikian, hipotesis alternatif di setujui/diterima. Lalu hasil tersebut di uji keberartiannya dan diperoleh persentase variable X sebesar 84,20% . Maka kesimpulanya adalah Ada Pengaruh Pemahaman Ilmu Tajwid Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa MTs Yayasan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Mathlaul Huda Ambarawa Pringsewu Tahun Ajaran 2016/2017.