Persepsi Peserta Didik Tentang Keterampilan Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam Di SMP N 1 Sukadana

Main Author: Aquinalda, Icha
Format: Thesis NonPeerReviewed pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/579/1/ICHA%20AQUINALDA%20%281398601%29.pdf
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/579/
Daftar Isi:
  • Guru adalah faktor yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan, terlebih guru Pendidikan Agama Islam memegang perananp penting. Selain mencerdaskan anak bangsa, guru Pendidikan Agama Islam juga dituntut untuk bisa memperbaiki akhlak peserta didik agar menjadi lebih baik. Oleh sebab itu selama pelaksanaan pembelajaran berlangsung guru harus mampu menguasai kelas dengan baik agar tercapainya tujuan pendidikan. Cara untuk dapat menguasai kelas dengan baik seharusnya memiliki keterampilan mengajar. Keterampilan mengajar yang harus dimiliki oleh guru, yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan mengelola kelas, keterampilan memberi penguatan, keterampilan bertanya, keterampilan membimbing kelompok kecil, keterampilan menjelaskan pelajaran dan keterampilan mengadakan variasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik tentang keterampilan mengajar guru Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Sukadana. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada 10 peserta didik kelas VIII.4 terkait keterampilan mengajar guru Pendidikan Agama Islam. Observasi dan dokumentasi dilaksanakan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan persepsi peserta didik tentang keterampilan mengajar guru Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Sukadana. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa persepsi peserta didik tentang keterampilan mengajar guru, telah sesuai dengan indikator keterampilan mengajar guru. Meskipun ada beberapa hal yang perlu dibenahi oleh guru Pendidikan Agama Islam saat proses belajar mengajar berlangsung. Hal-hal yang perlu dibenahi diantaranya keterampilan dalam menutup pelajaran, sebelum menutup pelajaran guru disarankan untuk menyimpulkan materi yang telah disampaikan. Selain itu pada keterampilan bertanya. Guru disarankan untuk lebih memberikan stimulus kepada peserta didik agar berani bertanya. Yang terakhir yaitu pada keterampilan mengadakan variasi, ada banyak jenis media dan metode yang bisa guru gunakan dalam usaha untuk mengadakan variasi agar peserta didik tidak jenuh dan bosan selama proses pembelajaran.