Upaya Guru Pendidikan Al-Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020

Main Author: Sundari, .
Format: Thesis NonPeerReviewed pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/558/1/SKRIPSI%20SUNDARI.pdf
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/558/
ctrlnum 558
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/558/</relation><title>Upaya Guru Pendidikan Al-Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur&#x2019;an Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020</title><creator>Sundari, .</creator><subject>Pendidikan Agama Islam</subject><description>Kegiatan belajar membaca Al-Qur&#x2019;an tidak selalu lancar seperti yang diharapkan, terkadang siswa mengalami kesulitan atau hambatan. Kesulitan yang dihadapi siswa dalam membaca Al-Qur&#x2019;an misalnya masih terbata-bata dalam membaca (belum lancar), belum mampu mempraktikkan bacaan mad dengan benar, terkadang bacaan panjang dibaca pendek atau sebaiknya yang seharusnya dibaca pendek malah dibaca panjang. Siswa juga masih melakukan kesalahan dalam hukum bacaan, seharusnya dibaca dengan mendengung malah tidak mendengung, dan sebaliknya. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana upaya guru Pendidikan Al-Islam dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur&#x2019;an siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Metro 2019/2020? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru Al-Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur&#x2019;an siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Metro 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Al-Islam dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur&#x2019;an siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Al-Islam dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur&#x2019;an siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020. &#xD; &#xD; Jenis penelitian ini field research. Sifat penelitiannya bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (conclusion drawing/verification). &#xD; &#xD; Hasil analisis data diketahui bahwa upaya guru Al-Islam SMK Muhammadiyah 3 Metro dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur&#x2019;an adalah mengadakan tadarus Al-Qur&#x2019;an selama kurang lebih 10 menit sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung, mengadakan privat khusus, serta pemberian tugas yang dapat merangsang kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur&#x2019;an. Kesulitankesulitan yang dialami siswa dalam proses belajar membaca Al-Qur&#x2019;an adalah melafalkan huruf-huruf Hijaiyah (Makharijul Huruf), penguasaan kaidah ilmu tajwid, serta belum mengenal tanda baca.</description><date>2019-12-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Other:pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/558/1/SKRIPSI%20SUNDARI.pdf</identifier><identifier> Sundari, . (2019) Upaya Guru Pendidikan Al-Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur&#x2019;an Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro. </identifier><recordID>558</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Other:pdf
Other
author Sundari, .
title Upaya Guru Pendidikan Al-Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020
publishDate 2019
topic Pendidikan Agama Islam
url http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/558/1/SKRIPSI%20SUNDARI.pdf
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/558/
contents Kegiatan belajar membaca Al-Qur’an tidak selalu lancar seperti yang diharapkan, terkadang siswa mengalami kesulitan atau hambatan. Kesulitan yang dihadapi siswa dalam membaca Al-Qur’an misalnya masih terbata-bata dalam membaca (belum lancar), belum mampu mempraktikkan bacaan mad dengan benar, terkadang bacaan panjang dibaca pendek atau sebaiknya yang seharusnya dibaca pendek malah dibaca panjang. Siswa juga masih melakukan kesalahan dalam hukum bacaan, seharusnya dibaca dengan mendengung malah tidak mendengung, dan sebaliknya. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana upaya guru Pendidikan Al-Islam dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Metro 2019/2020? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru Al-Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Metro 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Al-Islam dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Al-Islam dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini field research. Sifat penelitiannya bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Hasil analisis data diketahui bahwa upaya guru Al-Islam SMK Muhammadiyah 3 Metro dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an adalah mengadakan tadarus Al-Qur’an selama kurang lebih 10 menit sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung, mengadakan privat khusus, serta pemberian tugas yang dapat merangsang kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an. Kesulitankesulitan yang dialami siswa dalam proses belajar membaca Al-Qur’an adalah melafalkan huruf-huruf Hijaiyah (Makharijul Huruf), penguasaan kaidah ilmu tajwid, serta belum mengenal tanda baca.
id IOS13028.558
institution IAIN METRO
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 4170
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Metro
library_id 3192
collection Repository IAIN Metro
repository_id 13028
city KOTA METRO
province LAMPUNG
repoId IOS13028
first_indexed 2020-01-16T07:08:52Z
last_indexed 2020-01-16T07:08:52Z
recordtype dc
_version_ 1684059923837616128
score 17.538404