Upaya mengembangkan kemampuan bahasa pada anak usia 4-5 tahun melalui metode bercerita di TK Cahaya Bunda Natar Lampung Selatan

Main Author: Islamiati, Ana
Format: Thesis NonPeerReviewed pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3880/1/SKRIPSI%20ANA%20ISLAMIATI%20%20PRINT.pdf
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3880/
Daftar Isi:
  • Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah Pembinaan yang ditunjukkan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun. Aspek perkembangan meliputi aspek nilai agama dan moral, aspek sosial emosional, aspek kognitif, aspek bahasa, dan aspek fisik motorik. Berdasarkan hasil observasi saat prasurvei pada tanggal 22-24 juli 2019 TK Cahaya Bunda Natar Lampung Selatan, bahwa rata-rata anak kemampuan bahasa dalam pengucapan kata-kata masih terbata-bata dan anak susah untuk berbicara. Metode yang digunakan guru kurang menarik, dari data hasil observasi, guru hanya menggunakan papan tulis sebagai media sehingga anak kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, media papan tulis kurang bervariasi dalam bagi anak, disini peneliti menggunakan metode bercerita menggunakan media boneka tangan untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak. Rumusan masalah pada skripsi ini adalah bagaimanakah upaya guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak menggunakan metode bercerita dengan media boneka tangan di TK Cahaya Bunda Natar Lampung Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru mengembangakan kemampuan bahasa anak melalui metode bercerita di TK Cahaya Bunda Natar Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan beberapa siklus dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.