Penerapan Media Pembelajaran Aplikasi Flash untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di SD N 8 Metro Utara

Main Author: Prasetiyo, Andri
Format: Thesis NonPeerReviewed pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3836/1/Skripsi%20pendalaman%20andri%20prasetiyo%201501010242%20.pdf
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3836/
Daftar Isi:
  • Hasil belajar Pendidikan Agama Islam yang baik ialah yang dilihat dari berbagai aspek yaitu aspek kognitif, aspek afektif, maupun aspek psikomotorik. Hasil belajar tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya faktor intern maupun faktor ekstern. Salah satu faktor ekstern yaitu penggunaan media pembelajaran. Para siswa SD N 8 Metro Utara telah memiliki hasil belajar yang baik, dan SD N 8 Metro Utara dikenal dengan sekolah yang memiliki peringkat baik. Namun, ditemukan beberapa siswa yang masih mendapatkan hasil belajar rendah ketika dilakukan survei. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menginterpretasi penerapan media pembelajaran aplikasi flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SD N 8 Metro Utara. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data Wawancara, observasi, Kuisioner, dan dokumentasi.Wawancara ditujukan kepada Guru PAI untuk mendapatkan info sebuah permasalahan terkait penelitian si penulis, Observasi ditujukan untuk melihat perkembangan dari proses belajar siswa, Kuesioner (angket) ditujukan kepada siswa untuk mencari data tentang pendapat siswa media yang digunakan. Dan dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, sejarah berdirinya SD N 8 Metro Utara, lokasi, visi misi, struktur organisasi SD N 8 Metro Utara, keadaan guru dan pegawai SD N 8 Metro Utara, keadaan peserta didik SD N8 Metro Utara, keadaan sarana dan prasarana SD N 8 Metro Utara. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa adakah peningkatan hasil belajar siswa dengan Penerapan Media Pembelajaran Aplikasi Flash di SD N 8 Metro Utara tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini terbukti dari hasil pengujian pemberian soal latihan ke siswa untuk mengetahui sebuah hasil dari proses kegiatan belajar peningkatan 80% Selanjutnya, dari hasil perhitungan Kuisioner dengan rumus yang tertera ,Media Pembelajaran Aplikasi Flash mempunyai kontribusi atau pengaruh 74% dalam mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Agama Islam kususnya Baca Tulis Al-Qur’an. Kemudian, 26% dipengeruhi oleh faktor lain seperti faktor dalam diri maupun luar diri yang meliputi lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.