Dai Dalam Memotivasi Keagamaan Melalui Komunikasi Persuasif di Desa Pasar Sukadana Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur

Main Author: Velani, Desi
Format: Thesis NonPeerReviewed pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3696/1/SKRIPSI%20DESI%20VELANI%20%28NPM.%201603060041%29%20.pdf
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3696/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi adanya komunikasi Persuasig Da’i untuk melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan status yang diberikan masyarakat dengan asumsi untuk memberikan panutan membimbing dan memotivasi masyarakat di antaran untuk mengikuti keagamaan. Pada kenyataannya ada masalah-masalah fenomena keagamaan yang terjadi de desa pasar sukadana diantaranya kurangnya kesadaran masyarakat mengenai hal keagamaan sehingga masyarakat lebih mementingkan duniawi, tidak mementingkan akhirat dan menganggap mengikuti keagamaan tidak terlalu penting. Tujuan dari skripsi ini untuk mengetahui kesadaran masyarakat dalam mengikuti kegiatan keagamaan, serta untuk mengetahui Da’i dalam meningkatkan kesadaran keagamaan melalui komunikasi persuasif. Jenis penelitian ini penelitian Lapangan (field research) sifat penelitian ini deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer Da’i, dan Masyarakat dan sekunder perpustakaan buku dan gambar. Metode pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan induktif. Hasil penelitian yang didapat oleh peneliti, keagamaan masyarakat di desa Pasar Sukadana masih kurang hal itu tampak pada sedikitnya masyarakat dalam mengikuti kegiatan keagamaan, serta Dai dalam meningkatkan kesadaran keagamaan melalui komunikasi persuasif adalah dengan metode pendekatan mencari kebiasaan audiens itu sendiri, metode kesabaran memberi nasehat, metode berkomunikasi yang baik, metode pay off memberikan masyarakat iming-iming yang menarik, metode melukiskan suatu peristiwa, dan metode menjadi suri tauladan yang baik.