Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 3 Simbarwaringin Tahun Pelajaran 2019/2020

Main Author: Oktaviani, Anggi
Format: Thesis NonPeerReviewed pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3591/1/SKRIPSI%20ANGGI%20OKTAVIANI%201601050043-dikonversi.pdf
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3591/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran IPA di SD/MI menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah. Dengan hal ini maka diperlukan suatu usaha hasil belajar siswa sangat berpengaruh pada penyampaian pembelajaran dan cara pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan, dalam pembelajaran dibutuhkan media pendukung untuk menunjang keberhasilan belajar, salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran yaitu media puzzle. Media puzzleini berfungsi sebagai alat perantara untuk menyampaikan materi IPA agar mudah dipahami oleh siswa SD. Adapun tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD N 3 Simbarwaringin dengan menggunakan media pembelajaran puzzle. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas ( PTK )yang terdiri dari dua siklus , dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa 56,26% dan meningkat menjadi 81,25% pada siklus II, sehingga disimpulkan bahwa media pembelajaran puzzle dapat meningktkan hasil belajar siswa.