Implementasi Program Baca Tulis Al-Qur`An (BTQ) dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Quran Santri Kelas Isti`Dad Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019

Main Author: Aniyah, .
Format: Thesis NonPeerReviewed pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3572/1/SKRIPSI%20ANIYAH_14113741.pdf
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3572/
ctrlnum 3572
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3572/</relation><title>Implementasi Program Baca Tulis Al-Qur`An (BTQ) dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Quran Santri Kelas Isti`Dad Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019</title><creator>Aniyah, .</creator><subject>Pendidikan Agama Islam</subject><description>Kemampuan Baca Tulis Al-Qur&#x2019;an (BTQ) merupakan tahap awal yang harus ditempuh untuk memperdalam agama Islam. Pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur&#x2019;an sudah seharusnya diajarkan kepada setiap peserta didik muslim di semua jenjang pendidikan, baik pendidikan formal maunpun non formal seperti Pondok Pesantren.&#xD; &#xD; Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana impelementasi program Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur`an santri kelas Isti`dad Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur??. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Bagaimana impelementasi program Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur`an santri kelas Isti`dad Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur? Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Alat pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif berdasarkan teori Miles and Hubermean yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu data reduction, data display dan conclusion/verification.&#xD; &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa Impelementasi program Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) pada santri kelas Isti`dad Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur dilakukan dalam bentuk pembelajaran kaidah tajwid, latihan pengucapan huruf hijaiyyah secara fasih, dan membaca Al-Quran secara langsung di depan ustadz atau ustadzah. Santri dijelaskan kaidah tajwid dalam kitab Tanwirul Qori fi Tajwid al-Kalam al-Bari` kemudian berlatih menerapkannya dalam membaca Al-Quran. Metode yang digunakan dalam pembelajaran membaca Al-Quran di kelas isti`dad Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum yaitu ceramah, latihan (drill), pemberian tugas dan metode sorogan, yaitu: santri membaca di hadapan ustadz atau ustadzah. Pembelajaran menulis huruf hijaiyyah dan ayat Al-Quran di kelas Isti ` dad, masih bersifat dasar, seperti cara membentuk huruf hijaiyyah , menyambung huruf dengan huruf lain dan tidak langsung praktik menulis ayat Al- Quran. Kaligrafi atau khot belum diajarkan di kelas Isti ` dad.</description><date>2019-01-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Other:pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3572/1/SKRIPSI%20ANIYAH_14113741.pdf</identifier><identifier> Aniyah, . (2019) Implementasi Program Baca Tulis Al-Qur`An (BTQ) dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Quran Santri Kelas Isti`Dad Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro. </identifier><recordID>3572</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Other:pdf
Other
author Aniyah, .
title Implementasi Program Baca Tulis Al-Qur`An (BTQ) dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Quran Santri Kelas Isti`Dad Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019
publishDate 2019
topic Pendidikan Agama Islam
url http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3572/1/SKRIPSI%20ANIYAH_14113741.pdf
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3572/
contents Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) merupakan tahap awal yang harus ditempuh untuk memperdalam agama Islam. Pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an sudah seharusnya diajarkan kepada setiap peserta didik muslim di semua jenjang pendidikan, baik pendidikan formal maunpun non formal seperti Pondok Pesantren. Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana impelementasi program Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur`an santri kelas Isti`dad Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur??. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Bagaimana impelementasi program Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur`an santri kelas Isti`dad Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur? Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Alat pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif berdasarkan teori Miles and Hubermean yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu data reduction, data display dan conclusion/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Impelementasi program Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) pada santri kelas Isti`dad Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur dilakukan dalam bentuk pembelajaran kaidah tajwid, latihan pengucapan huruf hijaiyyah secara fasih, dan membaca Al-Quran secara langsung di depan ustadz atau ustadzah. Santri dijelaskan kaidah tajwid dalam kitab Tanwirul Qori fi Tajwid al-Kalam al-Bari` kemudian berlatih menerapkannya dalam membaca Al-Quran. Metode yang digunakan dalam pembelajaran membaca Al-Quran di kelas isti`dad Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum yaitu ceramah, latihan (drill), pemberian tugas dan metode sorogan, yaitu: santri membaca di hadapan ustadz atau ustadzah. Pembelajaran menulis huruf hijaiyyah dan ayat Al-Quran di kelas Isti ` dad, masih bersifat dasar, seperti cara membentuk huruf hijaiyyah , menyambung huruf dengan huruf lain dan tidak langsung praktik menulis ayat Al- Quran. Kaligrafi atau khot belum diajarkan di kelas Isti ` dad.
id IOS13028.3572
institution IAIN METRO
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 4170
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Metro
library_id 3192
collection Repository IAIN Metro
repository_id 13028
city KOTA METRO
province LAMPUNG
repoId IOS13028
first_indexed 2020-08-13T18:15:10Z
last_indexed 2020-08-13T18:15:10Z
recordtype dc
_version_ 1686651972117069824
score 17.538404