Peran Orangtua dalam Memotivasi Belajar Anak di Dusun VI Tanjung Mulya Kampung Tanjung Ratu Ilir Kecamatan Way Pengubuan Lampung Tengah
Main Author: | Fitriana, Erma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3514/1/SKRIPSI%20ERMA%20FITRIANA%20%28NPM.%201601050052%29.pdf http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3514/ |
Daftar Isi:
- Lingkungan keluarga merupakan pendidikanyang pertama, karena dalam keluarga inilah anak pertama mendapatkan didikan dan bimbingan. Dikatakan sebagai lingkungan yang pertama karena sebagian besar kehidupan anak adalah didalam keluarga sehingga pendidikan yang paling banyak diterima oleh anak adalah dalam keluarga.Berdasarkan observasi motivasi yang diberikan orangtua hanya pada pembiayaan dan kata-kata atau nasehat, tetapi keseharian anak masih kurang mendapatkan perhatian karena sibuk dengan pekerjaan sebagai petani danpedagang serta fasilitas yang diberikan orangtua kepada anak kurang maksimal.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orangtua dalam memotivasi belajar anak di Dusun VI Tanjung Mulya KampungTanjung Ratu Ilir Kecamatan Way Pengubuan Lampung Tengah. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif, yang mengambil lokasi di Dusun VI Tanjung Mulya Kampung Tanjung Ratu Ilir Kecamatan Way Pengubuan Lampung Tengah. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Tehnik yang digunakan dalampengumpulan data adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil data penelitian yang diperoleh bahwa peran yang dilakukan orangtua dalam memotivasi belajar anak yaitu orangtuaberperansebagai panutan, cermin anak, fasilitator, dan motivator. Adapun bentuk motivasi yang dapat di berikan oleh orangtua kepada anak adalah hadiah, pujian, gerak tubuh dan hukuman. Berdasarkan analisis data yang diadakan di Dusun VI Tanjung Mulya Kampung Tanjung Ratu Ilir Kecamatan Way Penguan Lampung Tengah dapat disimpulkan dan dipahami bahwa peran orangtua dalam memotivasi belajar anak belum dikatakan baik karena motivasi hanya pada pembiayaan dan kata-kata atau nasehat, sedangkan keseharian anak masih kurang mendapatkan perhatian dari orangtua. Kata Kunci : Peran Orangtua, Motivasi Belajar, Anak