Studi komparasi kemampuan membaca Al-Qur’an antara siswa yang mengikuti kegiatan TPA dengan siswa yang tidak mengikuti kegiatan TPA kelas IV MIN 1 Metro
Main Author: | Sari, Diana Novita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3356/1/SKRIPSI%20-%20DIANA%20NOVITA%20SARI%20-%201601050096.pdf http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3356/ |
Daftar Isi:
- MIN 1 Metro merupakan pendidikan formal yang menekankan pengintregasian nilai keislaman dengan pendidikan umum dalam proses pembelajarannya. Sedangkan taman pendidikan Al-Qur’an memberikan suatu pengajaran Al-Qur’an dengan benar sesuai dengan tajwid, mampu menghafal sejumlah surat pendek serta mampu mengerjakan shalat dengan baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an antara siswa yang ikut TPA dengan siswa yang tidak ikut TPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif komparatif yang bersifat deskriptif.Dengan populasi seluruh siswa MIN 1 Metro dan sampel siswa kelas IV C yang berjumlah 30 siswa. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan tes, interview dan dokumentasi sedangkan teknis analisis data menggunakan rumus Uji-t dua variabel. Hasil dari perhitungan diperoleh nilai t hitung senilai 2,158 dengan t tabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2,048 ini berarti nilai t hitung lebih besar dari t tabel. Menurut perhitungan tersebut menunjukkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti terdapat perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an antara siswa yang ikut kegiatan TPA dengan siswa yang tidak ikut TPA kelas IV MIN 1 Metro. Kata Kunci : Membaca, Al-Qur’an, TPA