Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Insan Mulia Batanghari Lamopung Timur

Main Author: Putra, Eka Rahma
Format: Thesis NonPeerReviewed pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3247/1/EKA%20RAHMA%20PUTRA.pdf
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3247/
Daftar Isi:
  • Nilai-nilai karakter adalah budi pekerti plus yaitu yang melibatkan pengetahuan, perasaan dan tindakan. Tanpa ketiga aspek ini karakter tidak akan efektif. Dengan demikian karakter yang diterapkan secara sistematis dan berkelanjutan, seorang anak akan menjadi cerdas emosinya. Kecerdasan inilah yang menjadi bekal penting dalam mempersiapkan anak untuk menyongsong masa depan, karena seseorang akan lebih mudah dan berhasil menghadapi segala macam tantangan untuk berhasil secara akademis. Oleh karenanya suatu bangsa akan merasa terancam punah apabila moralitas generasi penerusnya suram. Pelaksanaan pendidikan karakter tentu tidaklah terlepas dari sebuah indikator yang dapat menunjukkan terhadap hasil dari pelaksanaan pendidikankarakter itu sendiri. Indikator inilah yang kelak nantinya memberikan tentang gambaran keberhasilan dari pelaksanaan pendidikankarakter yang akan dicapai. Adapun indikator dari nilai-nilai karakter itu sendiri adalah sebagai berikut Religius, jujur, disiplin, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Adapun pertanyaan penelitian ini adalah Bagaimana implementasi pendidikan karakter di Sekolah Menengah Pertama Islam Terbadu (SMPIT) Insan Mulia Batanghari Lampung Timur?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter di Sekolah Menengah Pertama Islam Terbadu (SMPIT) Insan Mulia Batanghari Lampung Timur. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikankarakter peserta didik di SMPIT Insan Mulia Batanghari Lampung Timurdengan metode pembiasaan, keteladanan, nasehat, penghargaan dan hukuman. Guru sebagai teladan dan guru sebagai pendidik merupakan keteladanan guru yang dapat membimbing anak untuk membentuk sikap yang kokoh serta karakter peserta didik. Guru sebagai pendidik juga harus memilki akhlak yang sesuai dengan Al-Qur’an dan sifat-sifat Rasulullah SAW seperti kejujuran, sabar, kehormatan diri, disiplindan tanggung jawab, cerdas, dipercaya, menyampaikan, rajin beribadah, hormat-menghormati dan berbicara sopan.