PENGARUH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR QUR’AN HADITS SISWA KELAS VIII MTS PGRI I LABUHAN RATU KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Main Author: Supriono, Agus
Format: Thesis NonPeerReviewed pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3216/1/SKRIPSI%20AGUS%20SUPRIONO%2014113521.pdf
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3216/
Daftar Isi:
  • Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia mengalami pengalaman. Untuk mendapatkan hasil belajar sesuai dengan apa yang diharapkan, maka guru sebagai seorang pendidik perlu meningkatkan pembelajaran siswa dengan baik dan aktif. Salah satu faktor yang menjadi tolak ukur keberhasilan sekolah adalah keterampilan mengajar guru, yang dimaksud dengan keterampilan mengajar guru adalah kerja guru yang terefleksi dalam cara merencanakan, melaksanakan, dan menilai proses belajar mengajar yang intesitasnya di landasi oleh etos kerja, serta profesional guru dalam proses pembelajaran. Dalam melaksankan proses pembelajaran, peneliti menemukan kesenjangan antara keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa. Terlihat bahwasanya guru kurang memberika apersepsi kepada siswa, belum terciptanya kondisikelas yang optimal dan hasil belajar siswa ada yang belum memenuhi KKM. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh keterampilan dasar mengajar guru dengan hasil belajar bidang studi Qur’an Hadits siswa PGRI I Labuhan Ratu Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar. Dan hipotesis penelitiannya adalah ada pengaruh keterampilan dasar mengajar guru dengan hasil belajar bidang studi Qur’an Hadits siswa PGRI I Labuhan Ratu Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan sifat penelitian ini adalah pengaruh. Populasi dari penelitian ini adalah siswa siswa PGRI I Labuhan Ratu yang ber jumlah 53 orang. Metode yang digunakan adalah metode angket sebagai metode yang utama, dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Sedangkan untuk analisis data penulis menggunakan rumus Chi Kuadrat untuk mengetahuui taraf signifikan antara variabel dan yang di konsultasikan dengan yaitu menggunakan taraf signifikan 5 %. Setelah di analisa ternyata Terdapat pengaruh antara evaluasi pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai Chi Kuadrat Hitung ( 2  h) = 50.66, kemudian di konsultasikan dengan harga ( 2  t), pada taraf signifikan (5% dan 1%) dengan db 4 yaitu : Pada taraf signifikan 5% ( 2  t) = 9,488 dan pada taraf signifikan 1% ( 2  t) = 13,277. Hal ini menunjukkan bahwa ( 2  h) lebih besar dari pada ( 2  t) yakni 13,277<50.66>9,488. sehingga hipotesis yang peneliti ajukan diterima atau terdapat pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar PGRI I Labuhan Ratu Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019.