Pengaruh Motivasi Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V Semester Ganjil SD 4 Gedungwani Kecamatan Margatiga Lampung Timur Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Ambarwati, Denik
Format: Thesis NonPeerReviewed pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3041/1/SKRIPSI%20DENIK%20AMBARWATI%200731061%20%28IAIN%20Metro%29.pdf
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3041/
Daftar Isi:
  • Dalam proses belajar mengajar motivasi sangat besar peranannya terhadap prestasi belajar, dengan adanya motivasi dapat menumbuhkan minat belajar siswa. Motivasi dan dukungan dari orang tua sangat penting bagi anak-anaknya dalam proses belajarnya. Karena biasanya anak-anak yang dalam belajarnya mendapatkan motivasi dari orang tuanya akan lebih rajin dan serius dibandingkan dengan anak yang kurang mendapatkan motivasi dari orang tuanya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh yang berarti antara motivasi orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V semester ganjil SD N 4 Gedungwani Kecamatan Margatiga Lampung Timur Tahun Pelajaran 2011/2012 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang berarti antara motivasi orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar pendidikan Agama Islam siswa kelas V semester Ganjil SD N 4 Gedungwani Kecamatan Marga Tiga Tahun Pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V semester Ganjil SD N 4 Gedungwani Kecamatan Marga Tiga Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 40 siswa. Karna siswa kurang dari 100, maka semua siswa dijadikan sampel. Ada 3 (tiga) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: 1) motivasi orang tua, 2) minat belajar, dan 3) prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis regresi linier multipel. Terdapat pengaruh yang berarti antara motivasi orang tua dan minat belajar dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa. Uji hipotesi untuk variabel motivasi orang tua diperoleh thit =2,3652 dan ttab = 2,04 pada taraf signifikan 5% dengan koefisien korelasi ry12 = 0,3624 dengan demikian thit ≥ ttab. Besarnya pengaruh motivasi orang tua terhadap pestasi belajar Pendidikan Agama Islam sebesar 0,3624. Untuk variabel minat belajar diperoleh thit =3,1400 dan ttab =2,04 pada taraf signifikan 5% dengan koefisien korelasi ry12 = 0,4587 dengan demikian thit ≥ ttab. Besarnya pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam sebesar 0,4587. Untuk variabel motivasi orang tua, minat belajar dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam diperoleh Fhit =12,0685 ,Ftab = 2,04 pada taraf signifikan 5% dan Ftab = 5,25 pada taraf signifikan 1% dengan koefisien korelasi R2 = 0,3948 dengan demikian Fhit ≥ Ftab. Besarnya pengaruh motivasi orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Islam tersebut sebesar 0,3948