Pengaruh Pemberian Motivasi Belaja Rguru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Hadist Kelas X Smatmi (Tarbiyatul Mu’alimin Wal Mu’alimat Al-Islamiyah) Roudlatul Qur’an Metro Tahun Pelajaran 2016/2017

Main Author: Setiawan, Danny
Format: Thesis NonPeerReviewed pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2863/1/PDF.pdf
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2863/
Daftar Isi:
  • Motivasibelajaradalahsuatukekuatan yang timbuldaridalamdirisiswadandariluardirisiswa yang mendorongsiswamelakukanaktivitasbelajardengantujuan agar terjadiperubahantingkahlakupadadirisiswa.Motivasibelajar yang dimilikiolehsiswatidakhanyaberasaldaridalamdirinyasendiritetapijugaberasaldari orang lainseperti guru. Berdasarkanfenomena di SMA TMI Roudlatul Qur’an Metro. Terdapatkejanggalanbahwa proses pembelajarandengan guru memberi motivasikepadasiswasudahbaik, namunhasilbelajarsiswamasihrendah. Berdasarkanmasalahtersebutmakadilakukanpenelitian, PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpemberianmotivasiterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranHadistkelasX SMA TMI Roudlatul Qur’an Metro.Bentukpenelitian yang dijelaskandalampenelitianiniyaitupenelitiankuantitatif, adapunanggotapopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelas X.3 SMA TMI Roudlatul Qur’an Metro, denganjumlah 29 siswa.Teknikpengumpulan data yang digunakandalampenelitianiniyaituangketsebagaimetodepokok, dokumentasidanobservasisebagaimetodepenunjang.Kemudianteknikanalisis data dalampenelitianinimenggunakanrumus Chi Kuadrat(X2). Berdasarkanhasil pengolahan dan analisa yang telah dilakukan dalam penelitian ini, dapat diperoleh kesimpulan akhir bahwa pemberian motivasi guru berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X.3 SMA TMI Roudlatul Qur’an Metro.Hasil analisis tersebut berdasarkan angket yang di berikan kepada 29 responden dan hasil belajar siswa yang kemudian dihitung menggunakan rumus Chi Kuadrat(X2) dengan Chi Kuadrat tabel (X2tabel). Berdasarkan pengolahan dan analisis data yang berhasil dikumpulkan dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus Chi Kuadrat(X2) dengan Chi Kuadrat tabel (X2tabel). Diperoleh hasil df atau db yaitu sebesar 4, untuk itu pada tabel harga Chi Kuadrat (X2) menggunakan 4 pada taraf signifikan 1% sebesar 13,277 dan untuk taraf signifikan 5% sebesar 9,488, dengan demikian berarti harga Chi Kuadrat (X2) sebesar 22,718lebih besar dari Chi Kuadrat tabel (X2tabel) pada taraf signifikan 1% dan taraf signifikan 5% (X2hitung > X2tabel) maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian motivasi belajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas X.3 SMA TMI Metro tshun pelajaran 2016/ 2017