Pengaruh Persepsi Guru Tentang Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Kemampuan Supervisi Kepala Madrasaht Terhadap Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Way Bungur Kabupaten Lampung Timur

Main Author: Mustakim, .
Format: Thesis NonPeerReviewed pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2765/1/Tesis%20IAIN%20Metro%201.pdf
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2765/
Daftar Isi:
  • Gayakepemimpinan yangtepat terlihatpadajalannyarodaorganisasidengantertib,nyaman,kondusifdan sesuaidengantujuanyanghendakdicapai.Seorang kepalamadrasahsebagaipemimpinpendidikan menghadapitanggungjawabyangberat, dalam menghadapisegala permasalahandantantanganyangdihadapiuntukmenciptakan danmemberikan kenyamanan bagigurudansiswadimadrasah. Kemampuan supervisi kepalamadrasahdalammemimpinsangatberpengaruh dalammeningkatkan kerjaguru danmenciptakanprosespembelajaranyang efektifdantepatsasaran.Gayakepemimpinan yangdilakukankepala madrasahberpengaruhpadaprosespenciptaankenyamanan,ketertiban prosespembelajaran,yangberdampakpadakinerjaguru. Penelitianinibertujuanuntukmenguji hipotesis adanya:1) Pengaruhpersepsi guru tentang gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerjagurudiMadrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Way Bungur. 2Pengaruhkemampuansupervisikepalamadrasah terhadap kinerjagurudiMadrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Way Bungur. 3). Pengaruh persepsi guru tentang gaya kepemimpinankepalamadrasahdan kemampuan supervisikepalamadrasah secara bersama-sama terhadapkinerjagurudi Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Way Bungur. Jenis penelitianiniadalahpenelitiankuantitatif denganmetodesurveipendekatan asosiatif. Populasi dari penelitian ini adalahseluruh guru di MadrasahIbtidaiyah Se-Kecamatan Way Bungursejumlah25orangguru penelitianpopulasi. Pengumpulan datadilakukan dengan penyebaran kuesioneryangdisebarkanguru di Madrasah Ibtidaiyah yang telahditapkansemua populasipenelitian.Pengujian hipotesisdilakukandengananalisisregresilinearsederhanadananalisisregresiganda. UjiF danujiTdilakukanterhadaphasilpenelitiandengantujuanuntukmengetahui pengaruh variabelindependenterhadap variabeldependenpadatingkatkepercayaan95% (α=0,05). Hasil penelitian yangtelahdilakukan adalah: 1)terdapat pengaruhpersepsi guru tentang gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerjagurudiMadrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Way Bungursebesar 70,90% . 2)terdapatpengaruh signifikanantara Pengaruhkemampuan supervisikepalamadrasahterhadap kinerjagurudiMadrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Way Bungursebesar66,60%, 3)terdapatpengaruhsignifikanantara pengaruh persepsi guru tentanggaya kepemimpinan kepalamadrasahdan kemampuan supervisikepalamadrasahterhadapkinerjagurudi Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Way Bungur sebesarI1.309%. Jadi dapat disimpulkan bahwa persepsi guru tentang gayakepemimpinan kepala madrasah dan kemampuan supervisikepalamadrasahsanagat signifikan berpengaruh pada kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Way Bungur Kabupaten Lampung Timur.a