Pengaruh Keterampilan Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Fiqih Kelas VIII Di MTsN 1 Lampung Timur

Main Author: Winarsih, .
Format: Thesis NonPeerReviewed pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2697/1/SKRIPSI%20WINARSIH_NPM.%201399921.pdf
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2697/
Daftar Isi:
  • Keterampilan mengajar merupakan pengetahuan (knowledge) dan kemampuan (ability) yang diperlukan untuk melaksanakan tugas guru dalam mengajar. Dengan memiliki keterampilan mengajar, guru dapat mengelola proses pembelajaran dengan baik yang berimplikasi pada peningkatan kualitas lulusan sekolah.Hasil belajar merupakan prestasi belajar peserta didik secara keseluruhan yang menjadi indikator kompetensi dasar dan derajat perubahan perilaku yangbersangkutan. Rumusan masalah dalam penlitian ini adalah “apakah ada pengaruh keterampilan guru mengajar terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi fiqih kelas VIII di MTs N 1 Lampung Timur”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru mengajar dan hasil belajar siswa, serta untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh keterampilan guru mengajar terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi fiqih kelas VIII di MTs N 1 Lampung Timur Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jumlah populasi penelitian yaitu 224 siswa, dan yang menjadi sampelnya berjumlah 38 siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling untuk menentukan sampel penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Chi Kuadrat dan uji koefisien kontingensi.Hasil menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh Chi Kuadrat hitung antara keterampilan guru mengajar terhadap hasil belajar siswapada bidang studi fiqih yaitu 10,99, kemudian hasil tersebut dikonsultasikan dengan Chi Kuadrat tabel pada taraf signifikan 5% pada df atau db = 4 yaitu 9,488. Dengan demikian harga Chi kuadrat hitung lebih besar dari Chi kuadrat tabel pada taraf signifikan 5% maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian ini signifikan, dalam arti hipotesis yang menyatakan “Bahwa ada pengaruh keterampilan guru mengajar terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi fiqih kelas VIII di MTs N 1 Lampung Timur” di terima. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh keterampilan guru mengajar terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi fiqih kelas VIII di MTs N 1 Lampung Timur.