Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Karakter Peserta Didik Kelas VIII di MTs Darul A’mal Kota Metro Tahun Pelajaran 2017/2018

Main Author: Aulia, Rohmatun
Format: Thesis NonPeerReviewed pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2515/1/SKRIPSI%20ROHMATUN%20AULIA_NPM.%201399511.pdf
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2515/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran aqidah akhak adalah pembelajaran yang memberikan bimbingan atau pengajaran kepada peserta didik untuk menjadi insan yang lebih baik. Didalam pembelajaran aqidah akhlak terkandung nilai-nilai pendidikan seperti nasihat, keteladanan, perintah dan hukuman. Pembelajaran aqidah akhlak sangat mempengaruhi karakter peserta didik, karena dengan mendidik karakter yang baik, maka peserta didik akan mengerti bagaimana cara untuk membina dan membimbing dirinya dalam kehidupan sehari-hari. Dari hasil pra survey menyebutkan bahwa masih ada peserta didik yang belum memiliki kepribadian yang baik dalam kehidupannya, padahal pada dasarnya mereka sudah diberikan pendidikan disekolahnya. Rumusan masalah dalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap karakter peserta didik kelas VIII di Mts Darul A’mal Kota Metro Tahun Pelajaran 2017/2018. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap karakter peserta didik di Mts Darul A’mal Metro. Adapun hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap karakter peserta didik kelas VIII di Mts Darul A’mal Kota Metro Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di Mts Darul A’mal Kota Metro yang berjumlah 200 peserta didik. adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling yaitu mengambil 20% dari jumlah populasi sehingga diperoleh sampel berjumlah 40 peserta didik. penelitian ini menggunakan alat pengumpul data berupa angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan rumus Chi Kuadrat.Berdasarkan hasil analisis, diperoleh harga sebesar 18,949. Kemudian dibandingkan dengan pada taraf signifikan 5% sebesar 9,488, ternyata lebih besar dari . Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan diterima dan Ho di tolak. Jadi kesimpulannya adalah ada pengaruh pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap karakter peserta didik kelas VIII di Mts Darul A’mal Kota Metro Tahun pelajaran 2017/2018.