Pengaruh Penerapan Metode Kooperative Learning Tipe Bamboo Dancingterhadap Pengusaan Kosakata Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Metro Tahun Pelajaran 2017/2018
Main Author: | Maghfiroh, Syahriza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2396/1/SYAHRIZA%20MAHFIROH%20-%2013101192.pdf http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2396/ |
Daftar Isi:
- Kosakata merupakan unsur pokok dalam aktivitas berbahasa. Kosakata menjadi bekal seseorang untuk menggunakan bahasa sebagai sarana komunimasi di berbagai bidang, khususnya di bidang pendidikan yang mewajibkan siswa menguasai kosakata untuk memahami isi buku-buku pelajaran dan memahami informasi serta pengetahuan yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu kosakata merupakan hal yang paling layak untuk diperhatikan guru agar dimiliki oleh siswa dalam proses pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab. Berdasarkan uraian di atas, peneliti melakukan penelitian eksperimen dengan menerapkan metode penerapan metode kooperative learningtipe bamboo dancingdalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Metro. Dalam penelitian ini penelitimengajukanrumusanmasalah“Apakahadapengaruh penerapan metode kooperative learning tipe bamboo dancing terhadap penguasaan kosakata siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Metro tahun pelajaran 2017/2018?”. Desain yang digunakan dalam penelitian iniadalah desain penelitian eksperimen yang terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas VII A yang terdiri 22 siswa, dan kelas kontrol dalam penelitian ini adalah kelas VII B yang terdiri dari 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode kooperative learning tipe bamboo dancingberpengaruh terhadap penguasaan kosakata siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Metro tahun pelajaran 2017/2018, dimana nilai tes kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai tes kelas kontrol. Rata-rata nilai tes kelas eksperimen sebesar 75,45 dan rata-rata nilai keas kontrol sebesar 68,75. Adapun siswa yang tuntas pada kelas eksperimen sebanyak 20 orang (90,9%), sedangkan pada kelas kontrol sebanyak 14 orang (70%). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung3,230, dan ketika dibandingkan dengan ttabel pada derajat kebebasan 40, diketahui nilai thitunglebih besar dari nilai ttabelpada derajat signifikansi 5% (2,021<3,235). Oleh karena itu, hipotesis yang peneliti ajukan, yaitu: Ada pengaruh penerapan metode kooperative learning tipe bamboo dancingterhadap penguasaan kosakata siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Metro tahun pelajaran 2017/2018.