Penerapan Metode Reward dan Punishment Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 3 Kotagajah Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018

Main Author: Isnaini, Yuni
Format: Thesis NonPeerReviewed pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2112/1/SKRIPSI%20YUNI%20ISNAINI%20NPM.%2014120795.pdf
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2112/
Daftar Isi:
  • Proses belajar mengajar di sekolah bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa dan mempersiapkan mereka menghadapi masa depan yang lebih baik. Salahsatu ukuran berhasil atau tidaknya proses belajar mengajar dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa setelah mengikuti metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran, tujuan utama belajar mengajar adalah untuk memberikan pengetahuan ataupun keterampilan padasiswa.Namun kenyataannya tujuan pembelajaran seringkali tidak tercapai karena kesulitan siswa dalam memahami pembelajaran dari guru. Hal ini sebagaimana dijumpai pada siswa kelas V SDN 3 Kotagajah Lampung Tengah. Belum optimalnya hasil belajar yang diperoleh siswa dikarenakan beberapa masalah yang terjadi saat pembelajaran terutama yang berhubungan motivasi belajar siswa karena penggunaan metode dalam pembelajaran. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,pengamatan, dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika setelah mengikuti pembelajaran materi perkalian pecahan dengan menggunakan metode rewarddan punishmentpada siswa kelas V SDN 3 Kotgajah Lampung Tengah tahun pelajaran 2017/2018.Rumusanmasalah dalam penelitian ini adalahapakah penerapan metode rewarddan punishmentdapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V pada SD Negeri 3 Kotagajah Tahun Pelajaran 2017/2018.Pengumpulan data dalam penerapan metodeini berupa observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Jenis-jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diberikan tindakan. Hasil penelitian menyebutkan bahwa presentase motivasi belajar pada siklus I pertemuan I mencapai 60,54% dan pertemuan II mencapai 74,48% atau mengalami peningkatan sebesar 13,94%,pada siklus II pertemuan I mencapai 83,57% dan pertemuan II mencapai 86,05% atau mengalami peningkatan sebesar 1,34%. Jadi, presentase motivasi belajar pada siklus I mencapai 67,51% dan siklus II mencapai 84,71% atau mengalami peningkatan sebesar 17,2%.Ketuntasan hasil belajar pada siklus Imencapai 60,9% dan siklus II mencapai 94,45% atau mengalami peningkatan sebesar 33,5%. Berdasarkan peningkatan motivasi dan hasil belajar tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode rewarddan punishmentdapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 3 KotagajahLampung Tengah tahun pelajaran 2017/2018.