Pengaruh Keteladanan Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Terhadap Akhlak Siswa Madrasah Aliyah Ma’arif NU 5 Sekampung Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur
Main Author: | Nurjanah, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2017/1/SKRIPSI%20SITI%20NURJANAH_14115571%20-%20Perpustakaan%20IAIN%20Metro.pdf http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2017/ |
Daftar Isi:
- Latar belakangpenelitian ini adalah sebagian siswa sudah enggan mendengarkan nasehat guru. Pembagian di sini adalah akhlakul mahmudah dan akhlakul madzmumah. Akhlak siswa sangat dipengaruhioleh keteladanan dari guru. Jika seorang guru memberikan teladan yang baik, maka akan menjadi salah satu pengaruh besar terhadap akhlak siswa.Keteladanan guru mata pelajaran akidah akhlak di MA Ma’arif NU 5 Sekampung sudah memberikan teladan yang baik, meskipun sudah memberikan contoh yang baik dan memberi nasehat masih ada siswa yang bandel dan enggan mendengarkan nasehat guru. Keteladanan guru terutama guru mata pelajaran akidah akhlak sangat menjadi teladan bagi para siswa. Hal ini karena siswa melihat langsung dari akhlak baik guru. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh keteladanan Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak terhadap akhlak siswa MA Ma’arif NU 05 Sekampung Lampung Timur.Penelitianbertujuan untuk mengetahuipengaruh keteladanan Guru Akidah Akhlak terhadap akhlak siswa MA Ma’arif NU 05 Sekampung Lampung Timur.penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik angket dandokumentasi sebagai alat pengumpul data. Angket disebarkan kepada 35 siswa kelas XI. Setelah hasil angket terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis product moment. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa rolebih besar dari rtpada tarah signifikan 5% yaitu 0,631>0,344., dengan demikian maka dapat diketahui bahwa hipotesisyang penulis ajukan diterina Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan product moment tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keteladanan guru terhadap akhlak siswa Ma’arif NU 5 Sekampung. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi semua pihak guru, orangtua, dan siswa.