Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV MI Ma’arif 1 Punggur Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018

Main Author: Muzayanah, Khoirul
Format: Thesis NonPeerReviewed pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2001/1/SKRIPSI%20KHOIRUL%20MUZAYANAH%2013105335.pdf
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2001/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minatdan hasil belajar peserta didik padamata pelajaran IPAkelas IV MI Ma’arif 1 Punggurkarena dari 12 siswa hanya 4 siswa yang berada diatas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM)yang ditetapkan yaitu 65. Hal ini disebabkan oleh minat belajar peserta didikkelas IV masih rendah, karena antusias mereka dalam mengikuti pembelajaran masih kurangdan kurangnya inovasi metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik terlihat bosan dan pasif saat mengikuti proses pembelajaran. Diperlukan adanya penelitian sebagai upaya untuk memperbaiki minat belajar dan nilai peserta didikyang rendah. Metode pembelajaran yang memungkinkan dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan metodepembelajaran demonstrasi.Rumusan masalah pada skripsi ini adalah apakahpenggunaan metode demonstrasimampumeningkatkan minat belajar peserta didikpada mata pelajaran IPA Kelas IV MI Ma’arif 1 Punggur Tahun Pelajaran 2017/2018?Adapun tujuan penelitiaan ini adalah untuk meningkatkan minat belajar peserta didik padapembelajaran IPAkelas IV MI Ma’arif 1Punggur dengan menggunakan metode demonstrasi Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) terdiri dari; (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi untuk mengamati kegiatan guru mengajar dan lembar observasi untuk melihat minat belajar peserta didik. Instrumen tes berupa pretestdan postestdigunakan untuk mengetahui hasil belajar siswasebagai dampak perubahan minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode demostrasidapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan minat belajar peserta didikpada siklus I yaitu 62,36% dan terjadi peningkatan sebesar 22.01% sehingga pada siklus II menjadi 84,37%. Perubahan minat belajar tersebut juga dapat dilihat darihasil belajar peserta didikpada siklus I yaitu 50%dan terjadi peningkatan 25% sehingga pada siklus II menjadi 75%.