Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Tarbiyathul Athfal Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/2017

Main Author: Zulaikhah, .
Format: Thesis NonPeerReviewed pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1962/1/SKRIPSI%20JADI%20ZULAIKHA.pdf
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1962/
Daftar Isi:
  • Penggunaan demonstrasi diharapkan dapat meningkatkan motovasi dan hasil belajar dalam proses belajar mengajar sehingga dalam proses belajar itu aktivitas belajar mengajar tidak terjadi kejenuhan, dengan demikian siswa akan terlibat secara fisik, emosional,intelektual yang pada gilirannya diharapkan konsep matematika yang diajarkan oleh guru dapat dipahami oleh siswa.Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya metode demonstrasidan bagaimana pengaruh metode demonstrasi dalam motivasi belajar.Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode demonstrasi. Ingin mengetahui pengaruh motivasi setelah diterapkannya metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Yaitu mempunyai empat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Tarbiyatul Athfal. Data yang diperoleh berdasarkan hasil tes formatif, lembar observasi, motivasi belajar dan kegiatan belajar.Dari hasil analisis di dapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II.Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode demonstrasi dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa. MI Tarbiyatul Athfal dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran matematika.