Pengaruh Penerapan Metode Drill Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII MTs Ma`Arif 22 Bangun Rejo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018

Main Author: Arifin, Ikhwanul
Format: Thesis NonPeerReviewed pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1886/1/SKRIPSI%20IKHWANUL%20ARIFIN%2013100562.pdf
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1886/
Daftar Isi:
  • Dalam pembelajaran berbicara,guru harus membiasakansiswa berlatih mengerjakan hal yang harus dilakukan siswa ketika berbicara, dan mengungkapkan pemikiran tentang topik tertentu. Hal itu bertujuan menguatkan materi yang telah dipelajari menjadi keterampilan motorik. Oleh karena itu, latihan memiliki peranmenting dalam mendorong keberanian siswa untuk mengungkapkan, dan menekankan pada pembiasaan, dimana keterampilan yang kokoh akan dihasilkan berama dengan latihan yang dibasakan. Berdasarkan uraian di atas,peneliti melakukan penelitian eksperimen denganmenerapkan metode drillpada pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Ma`arif 22 Bangun Rejo Lampung Tengah. Pertanyaan penelitian yang diajukan yaitu: “Apakah ada pengaruh penerapan metode drillterhadap keterampilan berbicara siswa kelas kelas VIIIMTs Ma`arif 22 Bangun Rejo Lampung Tengahtahun pelajaran 2017/2018?”. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen yang terdiri dari kelas epskerpimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas VIII B dengan jumlah siswa 34 orang. Sedangkan kelas kontrol adalah kelas VIII VIII A, dengan jumlah siswa 33 orang. Alat pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus Anova. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode drillberpengaruh signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VIII MTs Ma`arif 22 Bangun Rejo Lampung Tengah tahun pelajaran 2017/2018. Rata-rata nilai pos-testkelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata nilai pos-test kelas kontrol, dimana rata-rata nilai pos-test kelas eksperimen sebesar 76,32, dan rata-rata nilai pos-test kelas kontrol sebesar 72,12. Ketuntasan pada kelas eksperimen sebesar 94,12% dan pada kelas kontrol sebesar 84,85%. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai fhitungsebesar 8,871 dan ketika dibandingkan dengan ftabelpada derajat kebebasan 1,65 pada taraf signifikansi 5% sebesar 3,99, nilai fhitunglebih besar dari ftabel(8,871>3,99). Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan “Penerapan metode drillberpengaruh signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VIII MTs Ma`arif 22 Bangun Rejo Lampung Tengah tahun pelajaran 2017/2018”, diterima.