Pengaruh Bimbingan Guru Aqidah Akhlak Terhadap Pengembangan Soft Skill Siswa MTs Ma’arif NU 5 Sekampung Kab. Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/2017
Main Author: | Tianita, Fitri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1790/1/FITRI%20TIANITA%20-%201283081.pdf http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1790/ |
Daftar Isi:
- Soft skill adalah kemampuan-kemampuan tak terlihat yang diperlukan untuk sukses, misalnya kemampuan bekerjasama, integritas, dan lain-lain. Pengembangan soft skill bagi siswa harus dikembangkan, karena soft skill diperlukan sebagai suatu kompetensi pada saat seseorang memasuki kehidupan sebagai individu yang mandiri, seperti kemampuan interpersonal dan kemampuan personal. Usaha guru aqidah akhlak dalam mengembangkan soft skill siswa kelas VIII di MTs Ma’arif NU 5 Sekampung Kab. Lampung Timur yaitu dengan berupaya membentukkarakter siswa. Berdasarkan masalah tersebut maka dilakukan penelitian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan guruAqidah Akhlak terhadap pengembangan soft skill siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 5 Sekampung LampungTimur.Bentuk penelitian yang dijelaskan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif, adapun anggota populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 5 sekampung dengan jumlah sampel 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket sebagai metode pokok, dokumentasi dan observasi sebagai metode penunjang. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus Chi Kuadrat (X2). Berdasarkan pengolahan dan analisis data yang berhasil dikumpulkan dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus Chi Kuadrat (X2) dengan Chi Kuadrat tabel (X2tabel). Diperolehhasil df atau db yaitu sebesar 4, untuk itu pada tabel harga Chi Kuadrat (X2) menggunakan 4 untuk taraf signifikan 5% sebesar 9,488, dengan demikian berarti harga Chi Kuadrat (X2) hitung= 11,639 lebih besar dari( X2) tabel= 9,488 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh bimbingan guru aqidah akhlak terhadap pengembangan soft skill siswa kelas VIIIMTs Ma’arif Nu 5 Sekampung Kab. Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/2017.