Peranan Ekstrakurikuler Kepramukaan dalam Upaya Pembinaan Karakter Siswa SMP N 9 Metro Barat T.P. 2016/2017
Main Author: | Kurniawan, Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1783/1/DWI%20KURNIAWAN%201282741.pdf http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1783/ |
Daftar Isi:
- Beberapa kasus yang melanda Indonesia merupakan dampak darimerosotnya moral bangsa saat ini.Hal ini terjadi di Sekolah Menengah PertamaNegeri 9 Metro Barat merupakan pergeseran nilai-nilai karakter meliputireligius,disiplin, kemandirian, tanggungjawab, peduli lingkungan, peduli sosial, dantoleransi.Gerakan Pramuka sebagai organisasi kepanduan yang berkecimpungdalam dunia pendidikan yang bersifat non formal berusaha membantu pemerintahdan masyarakat dalam membangun masyarakat dan bangsa. Permasalahan yangdikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana peranan ekstrakurikulerkepramukaan dalam upaya pembinaan karakter siswa SMP Negeri 9 MetroBarat.(2) bagaimana upaya pembina pramuka dalam menanamkan nilai-nilai karaktersiswa SMP Negeri 9 Metro Barat. (3) Apa saja faktor-faktor penghambat dalampembinaan karakter siswa SMP Negeri 9 Metro Barat. (4) Apa saja faktor-faktorpendukung dalam pembinaan karakter siswa SMP Negeri 9 Metro Barat. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adaah penelitianlapangan atau kancah(field research)yangmenggunakan penelitian kualitatifdeskriptif dan lokasi yang akan diteliti adalah SMP Negeri 9 Metro Barat, KotaMetro, Lampung. Metode dalam penelitian ini meliputi: metode observasi, metodeinterview (wawancara), dan metode dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dariteknik triangulasi yang dicapai dengan jalan membandingkan data hasilpengamatan dengan data hasil wawancara. Teknik analisis data dalam penelitianini ada empat tahap yaitu pengumulan data, reduksi data, penyajian data, dankesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwaperanan ekstrakurikulerkepramukaan dalam upaya pembinaan karakter siswa SMP Negeri 9 Metro Baratdilakukan dengan cara kegiatan yang menimbulkan serta mengandung karakteryang menjadi acuan meliputireligius, disiplin, kemandirian, tanggung jawab,peduli lingkungan, peduli sosial, dan toleransi. Nilai-nilai yang ditanamkanmelalui kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 9 Metro Baratmeliputi religius,disiplin, kemandirian, tanggung jawab, peduli lingkungan, peduli sosial, dantoleransi.Faktor-faktor yang menunjang dalam pembinaan karakter siswa melaluikegiatan kepramukaan di SMP Negeri 9 Metro Barat adalah Pembina pramuka,motivasi siswa, serta dukungan sekolah, sedangkan faktor-faktor yangmenghambat adalah kesibukan pembina pramuka, rasa jenuh/bosan siswa(anggota pramuka) yang menjadikan mereka malas-malasan mengikuti kegiatanpramuka, serta sarana dan prasarana yang kurang.