Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SD Negeri 3 Sidomulyo Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/2017

Main Author: Muslim, Aziz
Format: Thesis NonPeerReviewed pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1779/1/AZIZ%20MUSLIM%20-%201282411.pdf
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1779/
Daftar Isi:
  • Keberhasilan proses pendidikan tidak terlepas dari ketersediaan sumber ‎belajar yang memadai, dan pemanfaatannya secara optimal sebagai ‎pendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Pemanfaatan sumber belajar ‎merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran, ‎yang perlu diperhatikan guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. ‎Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruhpemanfaatansumberbelajarterhadaphasilbelajarPendidikan Agama Islam siswaSD Negeri 3 Sidomulyo Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur tahun pelajaran 2016/2017 . Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif , karena data yang terkumpul dalam penelitian ini dapat dianalisis dengan menggunakan analisis statistik. Pengumpulan data menggunakan angketdan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan rumus chi kuadrat. Hipotesis yang penulis ajukan sebagai jawaban sementara yaitu: Pemanfaatan sumber belajar berpengaruh terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa SD Negeri 3 Sidomulyo Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa SDN 3 Sidomulyo Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan analisis data menggunakan chi kuadrat diketahui harga chi kuadrat () sebesar 19,68. Setelah dibandingkan dengan tabel kritik harga chi kuadrat dengan derajat kebebasan (db) = 4, diketahui bahwa harga Chi kuadrat lebih besar dari harga tabel, yaitu 9,488 <19,68. Derajat keeratan antara pemanfaatan sumber belajar dan hasil belajar, terlihat dari koefisien kontingensi(KK) sebesar 0,671. Setelah dibandingkan dengan tabel nilai rproduct moment, dengan db = n –nr = 24 –2 = 22, maka harga koefisien kontingensi(KK) sebesar 0,671, lebih besar dari harga tabel rproduct momen, yaitu pada taraf signifikan 5% atau (0,423<0,671). Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa SDN 3 Sidomulyo Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur tahun pelajaran 2016/2017.