Pengaruh Pengunan Media Gambar Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas 10 Madrasah Aliyah Muhamadiyah Metro Tahun Pelajaran 2018/2019

Main Author: Salwa, Rita Medi
Format: Thesis NonPeerReviewed pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1754/1/SKRIPSI%20RITA%20MAIDA%20SALWA%2013100992.pdf
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1754/
Daftar Isi:
  • Minatdikategorikan sebagai syarat dasar menentukan pencapaian tujuan proses ‎pembelajaran. Minatmerupakan salah satu faktor yang membantu pengetahuan, pemahaman, ‎dan keterampilan serta tujuan-tujuan lain yang akan dicapai dalam pembelajaran. Sifat dari ‎Minatsebagaimana kecerdasan dan pengalaman terdahulu sebagai bekal bagi siswa ‎dalam menjalani proses belajar mengajar. Siswa yang memiliki minattinggi, akan memperoleh ‎hasil belajar yang lebih efektif, dibandingkan siswa yang tidak memiliki minatbelajar yang ‎tinggi. ‎ Berdasarkan uraian tersebut peneliti melakukan penelitian eksperimen dengan mengunakan media gambar di kelas XMadrasah Aliyah Muhamadiyah Metro.Dalam penelitian ini peneliti mengajukan pertanyan penelitian yaitu:Apakah pengunan media gambar berpengaruh terhadap minat belajar bahasa Arab siswa kelas XMadrasah Aliyah Muhamadiyah Metro tahun pelajaran 2018-2019?.Peneliti mengunakan desain penelitian eksperimen yang terdiri dari kelaseksperimen dan kelaskontrol. Adapun kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas X program agama yang siswanya berjumlah 16 orang, sedangkan kelas kontrol adalah kelas X program ilmu pengetahuan sosial yang siswanya berjumlah 10 orang. Pengumpulan data mengunakan test, dan dokumentas. Adapun teknik analisis data mengunakan rumus rumus analisis of varians(ANOVA). Hasil penelitian menunjukan bahwa pengunan media gambar berpengaruh terhadap minat belajar bahasa Arab, di mana rata-rata nilai angket kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata nilai angket kelas kontrol. Hal itu karena rata-rata nilai angket kelas eksperimen setelah penerapan media gambar sebesar 47,3 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 40,8. Siswa yang memiliki minat tingi belajar bahasa Arab pada kelas eksperimen persentasenya lebih banyak dibandingkan siswa pada kelas kontrol, dimana minat belajarbahasa Arab yang tinggi pada kelas eksperimen sebesar 31,25% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 20%. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai Fhitungsebesar 10,063 setelah dibandingkan dengan Ftabel pada derajat kebebasan 1,204 pada level signifikansi 5% yaitu 4,26 diketahui nilai Fhitunglebih besar dibandingkan Ftabel (10,063>1,24). Oleh karena itu hipotesis‎yang‎peneliti‎ajukan‎yaitu:‎“Pengunan‎media‎gambar‎berpengaruh‎terhadap‎minat‎belajar bahasa Arab pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhamadiyah Metro tahun pelajaran‎2018/2019”‎diterima.